Saat ini kebutuhan akan transportasi harian semakin tinggi, tidak heran banyak orang memilih untuk membeli mobil untuk mendukung kendaraan setiap hari. Khusus bagi Anda yang sudah memiliki keluarga, untuk memudahkan akomodasi, tentunya akan mempertimbangkan membeli mobil ekonomis semisal harga land cruiser yang cocok untuk keluarga. Tetapi memilih mobil yang ditujukan untuk kebutuhan keluarga tentu membutuhkan banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik. Sehingga nantinya mobil ini sesuai dengan fungsinya sebagai mobil keluarga yang nyaman dan aman digunakan. Ada beberapa tips memilih mobil keluarga yang perlu Anda pertimbangkan di bawah ini.

  1. Fitur Dukungan yang Nyaman

Kenyamanan mobil sangat penting bagi semua anggota keluarga. Misalnya anak-anak dan orang tua cenderung cepat lelah, terutama ketika bepergian jarak jauh dengan mobil. Mobil yang bisa disebut nyaman harus memenuhi beberapa hal seperti jok lembut, AC dingin, kamar luas, suara tenang, dan suspensi lembut.

  1. Kemampuan / Anggaran

Faktor kondisi keuangan Anda adalah salah satu pertimbangan penting dalam memilih mobil keluarga, apakah itu mobil baru atau mobil bekas. Bagi Anda yang mencari mobil bekas, penting untuk mengetahui tips membeli mobil bekas agar tidak dipengaruhi oleh harga dan merek yang baik tetapi tidak sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Saat ini ada banyak rekomendasi mobil berkualitas murah yang dapat Anda pilih sebagai mobil keluarga Anda.

Tidak hanya nilai pembelian, Anda juga harus mempertimbangkan terkait dengan biaya perawatan dan biaya lainnya.

  1. Hitung Jumlah Penumpang

Hal terpenting pertama dalam tips memilih mobil keluarga adalah memperhatikan jumlah anggota keluarga Anda. Ini adalah pertimbangan utama karena mobil keluarga harus dapat mengakomodasi semua anggota keluarga. Misalnya, mobil yang memiliki 4-5 kursi biasanya akan cocok untuk Anda keluarga baru atau memiliki 2 anak. Beda lagi dengan mobil yang dapat menampung 7 penumpang di dalamnya, akan cocok bagi Anda yang memiliki lebih banyak anggota keluarga. Saat ini banyak mobil MPV terbaik untuk keluarga dengan kapasitas yang cukup besar dan nyaman.

  1. Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar

Mobil keluarga umumnya digunakan untuk perjalanan jarak jauh, misalnya untuk liburan, pulang ke rumah, dan lainnya. Jadi akan lebih baik untuk memperhatikan konsumsi bahan bakar kendaraan sebelum memilih mobil karena akan sangat mempengaruhi pengeluaran Anda ke depan. Anda hanya perlu mengetahui informasi penggunaan untuk setiap liter bahan bakar yang dapat digunakan mobil hingga berapa kilometer. Semakin jauh jarak yang dapat ditempuh dengan konsumsi bahan bakar 1 liter, ini menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar sangat irit.

Bahan bakar saya adalah salah satu item pengeluaran utama dalam anggaran untuk biaya pengoperasian mobil. Langkah-langkah untuk mengurangi biaya ini dengan mengetahui berapa kilometer jarak tempuh mobil optimal dalam setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh mobil berjalan per liter bahan bakar yang dikonsumsi, semakin efisien mobil tersebut. Jadi setelah mengetahui hal ini Anda akan lebih mudah mengendalikan biaya yang dibutuhkan oleh sebuah mobil

  1. Fitur Keamanan

Hal terpenting dalam mobil keluarga adalah memiliki fitur keamanan yang memadai. Seperti sabuk pengaman (sabuk pengaman) harus ditemukan di semua kursi penumpang, juga pintu dan jendela harus memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman untuk anak kecil. Bahkan, beberapa mobil kini memiliki fitur keselamatan yang lebih canggih, yaitu airbag dan sistem pengereman ABS (sistem anti-lock breaking). Karena komponen yang mendukung keselamatan adalah elemen wajib dalam mobil.