Ada banyak aplikasi Android yang tersimpan di Google Play dan bisa digunakan oleh para pengguna smartphone Android. Aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran bapak dan ibu guru di kelas, tugas peserta didik di rumah atau saat penilaian.

Aplikasi-aplikasi Android tersebut mungkin ada yang sudah dikenal, tetapi ada juga yang belum dikenal.

Tetapi kami yakin ada beberapa guru yang sudah mengetahui aplikasi tersebut, bahkan ada juga yang sudah menggunakannya. Berikut 7 Aplikasi Android yang membantu guru untuk pembelajaran.

Ada banyak aplikasi Android yang tersimpan di Google Play dan bisa digunakan oleh para pengguna smartphone Android. Aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran bapak dan ibu guru di kelas, tugas peserta didik di rumah atau saat penilaian.

Aplikasi-aplikasi android tersebut mungkin ada yang sudah dikenal, tetapi ada juga yang belum dikenal. Tetapi kami yakin ada beberapa guru yang sudah mengetahui aplikasi tersebut, bahkan ada juga yang sudah menggunakannya.

  1. Zipgrade

Aplikasi ini sangat membantu para guru yang tidak memiliki mesin pemindai jawaban saat mengoreksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) peserta didik. Guru tidak lagi mengoreksi secara manual dengan melubangi LJK atau menggunakan plastik transparan lagi cukup dengan menggunakan aplikasi Zipgrade. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat kuis yang diberikan kepada siswa untuk dijawab, dan guru bisa langsung melihat hasilnya secara otomatis. Sayangnya untuk aplikasi Zipgrade yang gratis terbatas hanya 100 lembar perbulan.

2. Google Form.

Aplikasi google form ini sebenarnya berada di dalam Google Drive. Dengan aplikasi ini guru dapat membuat soal secara online atau offline. Peserta didik bisa mengerjakan secara langsung dengan mengisi nama, kelas dan jawaban saja. Nantinya guru bisa bisa mengoreksi secara langsung melalui Google Form tersebut dengan melakukan pengaturan jawaban yang benar dan penilaiannya. Jika tidak leluasa saat mengetik soal dan pengaturannya maka bisa menggunakan laptop atau komputer untuk mengeditnya. Goorgle Drivenya bisa digunakan untuk menyimpan file berukuran besar hingga 15GB dan juga bisa membagikannya kepada rekan-rekan guru atau peserta didik.

3. Edmodo.

Aplikasi media sosial ini memungkinkan interaksi antara guru, murid dan juga orang tua dalam kegiatan pembelajaran. Guru membuat akun kemudian mengundang siswa untuk mengikuti pembelajaran dan orang tua dalam diskusi mengenai perkembangan anaknya. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengerjakan soal secara online dan mengumumkan hasilnya melalui aplikasi ini.

4. Kahoot!.

Aplikasi ini memungkinkan guru membuat akun dan membuat kuis atau soal pilihan ganda secara online. Setelah guru membuat kuis atau soal, maka PIN-nya diberikan kepada siswa untuk mengerjakan kuis atau soal tersebut. Syaratnya tentu peserta didik harus membuat baru bisa menjawab kuis atau soal tersebut.

5. Kinemaster.

Aplikasi edit video ini bisa dimanfaatkan oleh guru untuk membuat video pembelajaran. Fitur-fiturnya yang mudah dan menarik membuat aplikasi edit video Kinemaster ini tidak susah untuk dipelajari oleh siapapun termasuk oleh bapak dan ibu guru. Sayangnya aplikasi Kinemaster yang gratisan masih terdapat watermark, sedangkan yang bebas watermark tentu harus berbayar.

6. Pemindai Teks [OCR].

Biasanya bapak dan ibu guru sering mencari materi dari berbagai buku atau literasi lainnya. Tetapi karena banyak biasanya harus diketik terlebih dahulu. Kini ada aplikasi yang bisa mengatasi hal tersebut. Bapak dan ibu guru hanya menggunakan kamera smartphone Android dan aplikasi Pemindai Teks [OCR] semua bisa diatasi.

7. Emaze.

Jika selama ini membuat presentasi selalu menggunakan komputer atau laptop dengan menggunakan Microsoft Power Point, maka sekarang bisa menggunakan smartphone dengan aplikasi Emaze. Dengan aplikasi ini guru dapat membuat presentasi online dengan teknologi html5. Penggunanya dapat membuat, menentukan, dan membagikan hasil presentasi tersebut melalui cloud.

Sebenarnya masih banyak aplikasi android yang bermanfaat untuk pembelajaran. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semuanya. Selamat mencoba. [Viva]