Kereta api kini banyak dipilih sebagai transportasi alternatif bagi sebagian orang untuk bepergian. Baik di dalam kota, maupun di luar kota bahkan antar daerah. Hal ini dikarenakan kereta api memiliki daya tempuh baik, waktu tempuh yang cepat, dan harga yang tidak terlalu mahal. Pelayanannya pun kerap kali memuaskan. Kereta api juga memiliki jalur sendiri, sehingga perjalanan Anda tidaklah mungkin untuk dihambat di perjalanan. Oleh karena itu, perjalanan Anda akan semakin efisien dan tidak membuang – buang waktu.

Nah, dulu, tiket kereta api biasanya hanya di jual di loket – loket penjualan tiket yang berada di stasiun. Namun, lupakan hal itu sekarang juga, karena sekarang, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tiket kereta api dengan menggunakan aplikasi dan website online. Tanpa harus menempuh perjalanan jauh ke loket kereta api di stasiun, kini Anda dapat memilih dengan santai tiket yang Anda kehendaki bahkan sambal bersenang – senang di tempat lain. nah, bagi Anda yang tertarik namun masih belum paham bagaimana caranya, yuk simak informasi berikut ini, karena dalam artikel ini, Saya akan membahas mengenai tata cara pesan tiket kereta api secara online dengan mudah dan cepat.

Mencari Rute Perjalanan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mencari rute perjalanan Anda. sebelumnya, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu kiranya perjalanan apa yang Anda inginkan. Kereta apa yang Anda inginkan, kelas apa yang Anda inginkan, serta waktu yang Anda inginkan mengenai keberangkatan Anda ( tanggal keberangkatan ).

Dalam beberapa aplikasi dan website online kereta api, Anda dapat memasukkan beberapa kebutuhan Anda pada form yang tersedia. Mulai dari stasiun keberangkatan Anda, lalu masuk ke masalah jumlah dan kategori penumpang ( Anda atau orang lain yang nantinya akan Anda ajak ), tanggal keberangkatan Anda, tanggal kepulangan Anda, sampai dengan stasiun tujuan yang nantinya Anda inginkan.

Isilah form – form tersebut dengan jawaban yang pasti dan benar dan tentunya spesifik, dengan menjawab demikian, hal itu sedikit membantu Anda untuk memproses keluarnya pilihan kereta menjadi lebih cepat.

Memilih Jadwal Kereta Api

Nah, langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah memilih jadwal kereta api. Nantinya setelah Anda mengisi beberapa form yang telah Saya jelaskan pada sub judul pertama, kemudian akan muncul beberapa nama – nama kereta api yang sudah sesuai dengan data – data yang telah Anda masukan ke dalam form. Nama – nama kereta tersebut nantinya sudah dilengkapi dengan rincian waktu keberangkatan ( jam keberangkatan ), waktu tiba ( jam tiba ), durasi tempuh dari stasiun keberangkatan sampai dengan stasiun tujuan, kelas kereta api ( bisnis, ekonomi, eksekutif ) , serta harga tiket untuk perorangan.  Nah, setelah melihat beberapa rincian tersebut, Anda dapat langsung memilih kereta yang Anda kehendaki nantinya dengan memilih opsi “ pesan sekarang “.

Detail Penumpang yang Akan Berangkat

Selanjutnya, hal yang perlu Anda lakukan adalah memberikan detail penumpang yang nantinya akan ikut ke dalam perjalanan kereta tersebut. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi data diri informasi kontak yang dapat dihubungi beserta data diri penumpang perorangnya. Jangan lupa untuk mencantumkan data yang benar, karena jika terjadi kesalahan, maka hal tersebut merupakan murni kesalahan Anda dan pihak KAI tentunya tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut. Beberapa data diri yang diminta nantinya adalah alamat email, nomor telepon, serta kartu pengenal ( untuk yang sudah memiliki )

Memilih Kursi

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih kursi. Setelah Anda melengkapi semua detail pemesanan pada bagian sebelumnya, nantinya Anda akan diantar kepada bagian untuk pemilihan kursi. Nah, sebelumnya nantinya akan ada ringkasan pemesanan sehingga Anda dapat mengoreksi lebih dulu apabila terjadi kesalahan dalam pengisian detail pemesanan sebelumnya.

Kemudian, nanti akan muncul list ketersediaan gerbong, pada bagian tersebut, Anda dapat memilih gerbong mana yang Anda ingin tumpangi. Nantinya juga ada tulisan kiranya berapa kursi yang masih tersedia dalam setiap gerbong yang ada pada kereta tersebut.

Setelah memilih gerbong yang ingin ANda tumpangi, langkah selanjutnya adalah memilih kursi yang masih tersedia. Biasanya nanti akan ada perbedaan warna yang menyimbolkan kursi mana yang kiranya sudah terisi dan kursi mana yang belum terisi. Tidak hanya itu, nantinya kursi yang Anda pilih juga memiliki simbol warna yang lain sehingga memudahkan Anda untuk memilih dan mencarinya.

Setelah yakin pada pilihan Anda, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah meneliti kembali semua pesanan Anda. jangan sampai Anda salah pilih atau salah detail terutama pada bagian data diri, karena nantinya kerugian tersebut Anda lah yang menanggungnya sendiri. Jika Anda sudah yakin terhadap semua pilihan serta data diri pemesanan Anda, Anda dapat segera mengkonfirmasi pesanan Anda untuk nantinya melanjutkan ke bagian pembayaran.

Bagaimana cara mengkonfirmasi pesanan Anda? Anda hanya cukup menekan tombol konfirmasi yang tersedia pada layar website Anda. setelah itu, ikuti langkah selanjutnya.

Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan konfirmasi terhadap pesanan tiket kereta api Anda, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembayaran. Namun, hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya adalah mengenai metode pembayaran. Berhubung nantinya akan banyak sekali opsi mengenai metode pembayaran, Saya menyarankan agar Anda memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, paling familiar untuk Anda, dan paling mudah menurut Anda untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Beberapa metode yang biasanya digunakan antara lain credit card, transfer, virtual account, ATM, Klik BCA, BCA Klik pay, Mandiri Click Pay, CIMB Credits, dan e – pay BNI. Selanjutnya Anda juga diminta memilih kategori bank yang akan Anda gunakan untuk pembayaran. Sedangkan untuk bank penyedia antara lain BCA, Mandiri, BNI, Bank BRI, VA BCA, VA Mandiri, VA BNI, VA BRI. Anda juga bisa menyisipkan beberapa kode promo yang Anda punya ( jika memungkinkan ) .

Pengiriman Voucher Pemesanan Kereta Api

Nah, setelah melakukan pembayaran nantinya Anda akan mendapatkan voucher via SMS dan via email. Isinya adalah semua ringkasan atas pemesanan Anda yang telah Anda selesaikan dengan pembayaran. Nantinya voucher tersebut dapat Anda tukarkan dengan tiket asli kereta api sesuai yang tertera di voucher tersebut pada hari keberangkatan Anda di loket stasiun keberangkatan Anda.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan cara pesan tiket kereta api online. Semoga artikel mengenai pembelian tiket kereta api ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam membeli tiket kereta api secara online. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!