sewakamar.id – Tempat tinggal, adalah kebutuhan premier semua orang dimanapun berada. Apa jadinya jika hidup tanpa tempat bernaung dan berlindung? Begitupun saat Anda berada jauh dari rumah sendiri. Pastinya sangat membutuhkan kamar atau tempat tinggal yang bisa dihuni untuk beberapa waktu.

Cari kos-kosan ialah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan sembarangan, apalagi kalau Anda sebelumnya belum pernah merantau alias ngekost. Rata-rata orang di Indonesia, ngekost diwaktu mereka kerja luar kota atau kuliah, dan pastinya jauh dari keluarga. Sebagai anak perantauan, nantinya kamar kost Anda inilah yang bakal jadi “rumah” Anda. Jadi,kalau tidak mau salah pilih kamar kost, lebih baik Anda simak tips cari kos-kosan di bawah ini.

Utamakan Sewa Kamar Dengan Pembayaran Bulanan

Pembayaran menyewa kamar bisa harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Jika ingin aman, lebih baik Anda cari kos-kosan dengan tarif sewa per bulan saja. Kalau sewanya per minggu, Anda harus repot tiap minggu berkomunikasi dengan pemilik kost guna membayar sewa kamar kost. Jika sewanya per tahun, Anda mau tidak mau harus betah tinggal di kamar kost itu selama setahun penuh. Iya kalau Anda betah. Siapa tahu ada banyak faktor yang ternyata membuat Anda tidak betah seperti tetangga kost yang berisik, lingkungan kost yang ternyata kurang nyaman, dan lain sebagainya. Kalau sewanya per bulan kan setidaknya Anda bisa cepat pindah bulan depannya.

sewakamar.id

Prioritaskan Lokasi Dekat Degan Sentra Kuliner dan Transportasi

Nanti jika Anda udah ngekost, tidak ada lagi tuh yang nyiapin makan buat Anda. Jika hendak makan, Anda harus masak atau beli sendiri. Jika Anda belum memiliki kendaraan sendiri, pastikan kos-kosan yang Anda sewa dekat dengan sentra tempat makan. Setidaknya Anda bisa jalan kaki ke warung makan di sekitar lokasi kost Anda waktu lapar. Cari kos-kosan juga harus yang dekat dengan fasilitas kendaraan umum seperti halte bus, pangkalan ojek, dan lain sebagainya. Walaupun sudah ada ojek online, setidaknya saat terburu-buru, Anda tidak akan kesusahan menemukan kendaraan umum untuk pergi ke kampus atau kemanapun. Kalau mau lebih nyaman lagi, cari lokasi kos-kosan yang selain dekat dengan tempat makan dan fasilitas umum, dekat juga dengan kampus Anda. Dijamin lebih hemat ongkos.

Survey Harga Sewa Jauh-Jauh Hari

Kebanyakan mahasiswa baru atau mereka yang baru pertama kali merantau, biasanya mereka belum tau sama sekali tentang kisaran harga kos-kosan di daerah yang mereka tuju. Karenanya, tidak ada salahnya Anda survey harga jauh-jauh hari biar tidak kaget, apalagi kalau Anda diberi budget terbatas untuk kos-kosan oleh ortu Anda. Biasanya sih kamar kost dengan harga ekonomis yang akan jadi rebutan para mahasiswa. Kalau untuk kamar kost yang eksklusif dan tarif sewa perbulannya mahal, biasanya tidak terlalu banyak peminatnya. Kalau Anda memang berniat mencari kamar kost dengan harga eknomis, ingat-ingat kalau saingan Anda banyak. Jadi, siapkan waktu khusus untuk berkeliling mencari kost, survey harga, dan membandingkan fasilitas dari satu kos-kosan ke kos-kosan lainnya. Antisipasi aja sih biar kamar kost yang memiliki tarif ekonomis tidak keburu habis diambil calon penyewa lainnya.

Gunakan Aplikasi Pencari Kost, seperti sewakamar.id

sewakamar.id

Di era modern seperti ini, mencari kos-kosan bisa dilakukan lewat smartphone Anda. Jadi, sebenarnya Anda tidak perlu repot sih survey-survey harga atau datang sendiri ke kos-kosan hanya untuk melihat kondisi kos-kosan dan melihat seperti apa fasilitasnya. Salah satu aplikasi pencarian kost yang bisa Anda manfaatkan ialah sewakamar.id. Aplikasi ini Merupakan situs untuk mengiklankan kamar yang akan disewakan. Tersedia ruangan untuk iklan sewa kost, sewa rumah, dan sewa apartemen di kota-kota besar di Indonesia. Sangat efektif untuk mengiklankan sewa kamar hunian anda agar banyak calon penyewa mengetahui & segera menghubungi untuk menyewa kamar Anda.