Pengamat Poltk Karyono Wbowo melhat ada kecenderungan Prabowo Subanto akan berskap keras jka terplh menjad Presden pada Plpres 2019.

Kecenderungan tersebut ddasar dar pernyataan dan skap Prabowo kepada meda yang kerap berkata keras dan beran membokot.

“Kecenderungan kalau Prabowo menjad presden akan membuat meda tdak sebebas sekarang,” Kata Karyono yang juga Drektur Eksekutf Indonsa Publk Insttute (IPI) dalam dskus meda bertema “Menakar Kapabltas Pasangan Capres-Cawapres dar Perspektf Meda Massa” yang dselenggarakan d Kop Poltk, Jumat (25/1).

Mesk tdak sama perss, kata Karyono, kemungknan Prabowo akan membuat sepert zaman order baru bsa saja terjad. Sebab, Prabowo melhat kebebasan pers saat n sudah terlalu bebas.

“Prabowo n lahr dar pejabat mlter d era orde baru. Jad karaterstk Orba n mash melekat d Prabowo, meskpun da tdak akan bsa membawa sepert orba, karena kontrol publk saat n sangat kuat dan ada UU yang melndung meda,” beber Karyono.

Sementara Wapmred Haran Kompas Tr Agung Krstanto menla skap Prabowo dan tmnya yang kerap betentangan dengan meda bahkan melaporkan meda ke dewan pers adalah langkah yang tepat. Barkan dewan pers yang menla.

“Jka kemudan adanya penolakan untuk dwawancara saya melhat d satu ss tu adalah kerugan. Kesadaran untuk menggunakan meda untuk kepentngannya tu harus dbangun,” ujar pra yang juga Anggota Dewan Kehormatan PWI n.

Mengena skap keras Prabowo kepada meda, Tr Agung menganggap tu hanya sekadar statemen. Karena sebaga capres, da tahu betul poss meda.

“Bsa juga tu adalah strateg kampanye Prabowo karena Pak Jokow sudah menjad meda darng, dan bag Prabowo untuk menjad meda darng tdak mudah hanya akan menjad follower Pak Jokow. In juga bsa jad agar menjad top of mne yang selalu dngat masyarakat dan cara yang bak adalah melakukan kontrovers,” tegasnya.

Redaktur Haran Rakyat Merdeka Sswanto menambahkan, ada satu kejadan yang sangat mengerkan yang dlontarkan oleh Prabowo dalam sebuah acara. “Prabowo mengatakan dalam sebuah acara jangan aku da wartawan, n sangat bahaya,” ujarnya.(jpnn)