Mengatasi Mengompol Pada Orang Dewasa dengan SehatQ

  • Whatsapp
Mengatasi Mengompol

Mengompol biasanya terjadi terhadap anak-anak, kalau terjadi pada orang dewasa, tentu harus dicermati dengan baik. Kejadian ngompol di malam hari yang sering atau sesekali perlu dipahami penyebabnya. Dengan demikian, solusi terbaik dapat dicari dan diterapkan.

Atasi Mengompol Pada Orang Dewasa Sesuai Sebabnya

Ngompol pada dasarnya menandakan bahwa seseorang tidak dapat mengendalikan saluran kandung kemihnya. Bagi orang dewasa yang sering mengalaminya sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, perlu mencarikan jalan keluarnya dengan cepat dan efektif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Membatasi Minum Di Malam Hari

Tentu kita akan mengaitkan mengompol dengan kebiasaan minum di malam hari. Ada yang meminum air putih dalam jumlah banyak sebelum tidur untuk memperlancar pencernaan dan sebagai bagian dari diet. Kalau akibatnya malah jadi mengompol terus-menerus, sebaiknya kebiasaan tersebut ditinggalkan atau setidaknya dikurangi.

2. Mengevaluasi Perubahan

Kalau tiba-tiba sering ngompol, tentu ada sesuatu yang berubah. Bisa saja kamu sedang banyak kerjaan, menjalani ujian, stres berat atau menjalani diet ketat. Hindari ngompol, dengan mengingat-ingat apa yang kamu lakukan atau makan, berbeda daripada sebelumnya. Karena tiap orang memiliki pemicu yang berbeda-beda.

3. Hindari Menahan Pipis

Kalau kamu kerap menahan pergi ke kamar mandi dan jadinya malah sering mengompol, disarankan untuk jangan menunda keinginan untuk kencing kalau memang sudah terasa. Bahkan coba buat aktivitas rutin sehingga bisa dengan teratur pipis pada jam-jam tertentu baik kamu merasa ingin ke toilet atau tidak. Hal ini melatih otot kandung kemih untuk bisa sinkron dengan kebiasaan sehari-hari.

4. Membuat Suasana Tidur Yang Kondusif

Coba untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin untuk membantu kamu tidur terlelap. Orang bisa ngompol karena tidak bisa tidur dengan pulas. Pastikan tempat tidur bersih, tambahkan air humidifier untuk menjaga kelembaban ruangan. Setting pencahayaan dan sirkulasi udara yang tepat.

5. Menjauhi Pencetus Iritasi Kandung Kemih

Makanan dan minuman tertentu dapat mengakibatkan iritasi pada kandung kemih. Hal seperti kafein, alkohol, minuman tinggi gula, soda, minuman dengan pemanis buatan, bisa menyebabkan peradangan. Kalau kamu sering mengonsumsinya dan jadi ngompol, tentu langkah terbaik adalah menghindarinya.

6. Obat-obatan Medis

Solusi tercepat mengatasi kebiasaan mengompol pada orang dewasa adalah berkonsultasi dengan dokter. Umumnya akan diberikan obat-obatan seperti antibiotik untuk mengatasi infeksi saluran kemih dan antikolinergik untuk menangani otot kandung kemih yang terlalu aktif. Diskusikan dengan dokter untuk memperoleh obat yang tepat dengan dosis dan penanganan yang pas.

7. Pemeriksaan Menyeluruh

Orang dewasa pada usia tertentu sebaiknya mulai melakukan general check-up secara rutin. Bisa diawali setelah menikah dan dilakukan sedikitnya setahun sekali. Sehingga bisa diketahui dengan pasti apakah ada penyakit serius seperti kanker kandung kemih, kanker prostat atau diabetes yang memiliki korelasi dengan kebiasaan ngompol.

Coba hal-hal yang sudah dibahas di atas untuk mengatasi mengompol pada orang dewasa. Jangan ragu untuk mendapatkan saran terbaik dari dokter. Bila terkendala dengan jarak dan waktu, kamu bisa membuka situs SehatQ atau mengunduh aplikasinya dari Google Playstore.

Aplikasi kesehatan keluarga SehatQ memberikan bahasan menyeluruh tentang ngompol dan penyakit lainnnya. Kamu bisa membeli obat-obatan, mendapat rekomendasi Rumah Sakit dan klinik terdekat, kalau ingin berbicara dengan dokter ahli juga bisa. Segera gunakan Aplikasi SehatQ sekarang juga dan atasi apapun keluhan kesehatan yang kamu miliki.

Related posts