Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Bekerja

  • Whatsapp
Pentingnya Melakukan Pemanasan Sebelum Bekerja

Di usia produktif antara umur 15-64 tahun merupakan rentan usia dimana kita harus bekerja. Menurut kamus besar bahasa indonesia, Bekerja adalah melakukan kegiatan/pekerjaan paling sedikit satu jam berturut-turut selama seminggu yang lalu dengan maksud untuk memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan. [1]  Kegiatan bekerja sangatlah menguras tenaga, mulai dari perjalanan menuju tempat kerja, di tempat kerjapun kita dituntut untuk fokus, ketika kita sudah selesai melakukan pekerjaan pun kita harus melakukan perjalanan pulang kerumah dan bisa beristirahat. Bagi orang yang sibuk bekerja sejak pagi hingga petang, menyediakan waktu untuk berolahraga mungkin bukanlah perkara mudah. Untungnya, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat kita lakukan sebelum bekerja di pagi hari. Gerakan-gerakan ini amat sederhana dan tidak memakan banyak waktu sehingga kita bisa menjadikannya rutinitas tanpa perlu cemas akan terlambat datang bekerja.Rutinitas tersebut akan selalu terjadi setiap harinya.

Manfaat Pemanasan Sebelum Bekerja

Manfaat pemanasan memang banyak sekali manfaatnya, selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ternyata pemanasan di pagi hari juga mempunyai manfaat lain, yaitu mengurangi stress dan menambah mood. Stres juga merupakan salah satu akibat buruk di tempat kerja. Tekanan pekerjaan yang bertubi-tubi bisa mengakibatkan depresi pada karyawan. Jika dibiarkan berlarut-larut, akan berakibat sangat fatal. Bisa berakibat pada serangan jantung mendadak, tekanan darah tinggi dan penyakit berat lainnya. Maka dari itu, bagi para pekerja kantoran sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan di tempat kerja. [2]

Gerakan-Gerakan Pemanasan Sebelum Bekerja

Sebelum kita mulai bekerja usahakan luangkan waktu sekitar 10-30 menit untuk melakukan pemanasan. Pemanasan kecil bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan keringat berlebihan dan tenaga yang banyak, sehingga sangat efektif untuk kita tetap fokus dalam melakukan aktivitas bekerja. Gerakan-gerakan tersebut seperti:

  • Bagian Leher
  1. Putar leher lalu menengok ke bagian kanan
  2. Tahan kurang lebih 10 detik
  3. Hal yang sama lakukan untuk leher menengok ke kiri
  • Bagian Bahu. Gerakan agak sedikit keras untuk menghilangkan rasa pegal:
  1. Putar bahu ke arah depan dengan gerakan memutar
  2. Putar bahu ke arah belakang dengan gerakan memutar
  3. Ulangi sebanyak 10 kali.
  • Bagian pergelangan tangan. Lakukan pelemasan agar siap bekerja kembali dengan tuts komputer kita:
  1. Regangkan tangan kita dengan jari mengarah ke bawah
  2. Dengan tangan lain, tarik jari-jari ke bawah
  3. Tahan selama kurang lebih 3 detik
  4. Kemudian tarik kembali jari-jari kita
  5. Tahan selama kurang lebih 3 detik
  6. Gerakan secara bergantian.
  • Bagian kaki. Hilangkan rasa pegal dan letih di bagian kaki dengan peregangan betis dan pergelangan kaki:
  1. Angkat kaki dari lantai dan luruskan
  2. Gerakkan telapak kaki mengarah ke atas
  3. Gerakkan telapak kaki mengarah ke bawah
  4. Lakukan selama 10 kali.
  5. Hal yang sama lakukan oleh kaki yang lain
  6. Kemudian, gambar lingkaran menggunakan telapak kaki searah jarum jam
  7. Lakukan ke arah sebaliknya
  8. Hal yang sama dilakukan oleh kaki lain. [3]

Ketika kita terbiasa melakukan pemanasan sebelum bekerja, ada baiknya jangan dilakukan secara berlebihan, karena akan berdampak pada stamina dan fokus kita dalam bekerja, bahkan sampai mengakibatkan cedera, sebaiknya dilakukan secukupnya. Selain pemanasan sebelum bekerja, untuk menunjang kegiatan bekerja, harus dibarengi dengan pemenuhan cairan tubuh. Salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Namun, nyatanya tak sedikit orang yang masih kesulitan untuk menerapkan kebiasaan ini.Padahal, kekurangan cairan membuat kita rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti sakit kepala, lesu, hingga terganggunya berbagai fungsi tubuh. [4] Pemilihan air minum untuk menunjang kegiatan bekerja harus dipilih secara kualitasnya, mulai dari sumber mata air yang jelas dan kandungan mineral pada air minum harus terjaga.

AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau.  Itu belum cukup. AQUA masih melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin. [5]

  1. https://www.kamusbesar.com/bekerja
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/olahraga-ringan-sebelum-bekerja/#gref
  3. https://www.urbanhire.com/blog/5-gerakan-olah-raga-ringan-di-kantor-untuk-meningkatkan-fokus-kerja/
  4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/memenuhi-kebutuhan-cairan-tubuh/#gref
  5. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

Related posts